Kamis, 29 Maret 2012

MENAJAMKAN KECERDASAN


By Tofik Rochadi
Usia semakin bertambah ternyata masalah kehidupan bertambah pula.Saya meraskan tidak seperti waktu muda dulu, terutama rasanya begitu fresh, terutama otak lebih mudah untuk berfikir cepat, apalagi untuk menghafalkan sesuatu lebih mudah nyangkol. Saya tidak tahu apakah karena banyaknya pikiran tentang kebutuhan hidup, hutang, pendidikan anak, pekerjaan, bisnis sampingan, dan urusan lain yang tak terbatas, sesingga otak kita tidak menampung ataukah otak kita semakin terkena erupsi ataupun kontaminasi sehingga tidak sehebat sewaktu anak-anak atau muda.
Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernah meneliti otak tikus. Mereka menemukan, otak tikus tumbuh sebesar 4 persen saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari, misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjat tangga, dan bersosialisasi dengan tikus lain. Nah, otak tikus saja bisa dilatih untuk tumbuh, apalagi otak manusia. Makin dilatih, otak kita pasti kian tajam. Kehilangan daya ingat dalam jumlah tertentu pada usia berapa pun menurut saya adalah wajar, sama seperti terjadinya perubahan pada organ tubuh lain.
Saya mendapatkan hikmah dari ustadz Abdul Aziz dari pengajian di mushola belakang rumah saya. Ada cara ampuh membuat otak jadi cerdas. Selain berlatih kemampuan mengamati,mengasah indera, menghafalkan, pempelajari hal yang baru ternyata ada satu rahasia sebagaimana yang pernah dilakukan oleh orang- orang terdahulu seperti Imam Safii yang hafal satu juta hadits diluar kepala. Apa rahasianya? Ternyata adalah Tarokatul Maassyi atau menghindari maksiat.  Coba saja Anda praktekkan! Jika kita meminimalisir pikiran kotor, menyimpang atau berfikir hal-yang tak berguna kearah maksiat, maka pikiran positif kita akan terkalahkan dan tidak fokus.

Jika kita berlatih dan menghindari maksiat  akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.Semoga cara ampuh menajamkan otak tetap cerdas ini dapat bermanfaat bagi anda semua,  dan tak lupa saya tunggu komentarnya yah..
Dari beberapa sumber
Catatan  di Semarang 30 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar